Yakin Pilihan Pakaian Anda Sudah Bertanggung Jawab? Cek 4 Jenis Bahan Pakaian Fesyen Bertanggung Jawab Di Sini!

Posted by Store Sejauh on

4Memilih pakaian yang bertanggung jawab adalah ketika kita mendukung fesyen bertanggung jawab dengan mempertimbangkan bagaimana proses tanaman serat yang ditanam, produksi kainnya, hingga kondisi pekerja di baliknya.

Tapi… Ayo Sahabat Sejauh ngaku. Siapa yang masih sering terjebak pada harga, gaya, atau kesukaan pada jenama tertentu ketika membeli pakaian? Lalu tanpa disadari, kita melupakan tentang bagaimana proses pembuatan dan dampak pembuatan pakaian tersebut.

Padahal, pakaian yang kita kenakan sehari-hari bisa saja berasal dari kain yang menggunakan bahan yang sangat sulit untuk terurai secara alami. Polyester, misalnya. Serat sintetis satu ini berbahan dasar plastik yang terbuat dari batu bara dan minyak bumi, yang menyumbang polusi tinggi terhadap lingkungan, karena membutuhkan waktu 20 hingga 200 tahun untuk terurai.

Jadi, bagaimana kita bisa tahu apakah pilihan pakaian kita sudah mencerminkan fesyen yang bertanggung jawab atau belum? Tenang, Sahabat Sejauh bisa cek 4 jenis bahan pakaian fesyen bertanggung jawab di sini.

  • Lyocell/Tencel
  • Meski lebih populer di telinga kita dengan nama Tencel, sesungguhnya yang lebih tepat adalah lyocell. Lyocell adalah jenis kain rayon yang eco-friendly, sedangkan Tencel adalah nama merek dagang dari serat kain lyocell yang terdaftar.

    Kain lyocell terbuat dari pohon eucalyptus (kayu putih) yang banyak tumbuh di Australia dan Indonesia. Dalam pertumbuhannya, pohon eucalyptus tidak membutuhkan pestisida beracun, dan hanya membutuhkan sangat sedikit air.

    Meski tetap menggunakan bahan kimia, pihak Tencel mengklaim bahwa menggunakan kembali sekitar 99% zat kimia tersebut. Sedangkan dari segi pewarnaan, kain lyocell memiliki tingkat penyerapan pewarna yang sangat baik. Artinya, produsen tidak perlu menggunakan terlalu banyak bahan pewarna.

    Dengan sifatnya yang breathable dan menyerap keringat, bahan kain lyocell sangat cocok untuk pakaian daerah tropis. Bentuknya pun bisa divariasikan dengan luas. Sahabat Sejauh bisa intip The Tambal Collection untuk melihat variasi kain lyocell/Tencel pada baju, celana, scarf, outer, dress hingga kebaya.

  • Linen
  • Linen termasuk sebagai salah satu jagoan kain dalam bahan pakaian fesyen bertanggung jawab. Ketangguhannya untuk bisa tumbuh di kondisi tanah yang buruk sekalipun, patut diacungi jempol. Tidak hanya itu, kain nabati ini juga membutuhkan paling sedikit pupuk, pestisida, dan irigasi dibandingkan dengan material kain lainnya.

    Limbah linen sisa produksi dan sisa pakai pun masih bisa dimanfaatkan untuk hal lain, seperti kompos dan pengawetan kayu.

    Dari segi pemakaian, linen juga cukup digandrungi karena sifatnya yang ringan dan mudah menyerap keringat. Selain itu, tampilan linen juga terlihat paling apik ketika sedikit berkerut, sehingga Sahabat Sejauh lebih menghemat listrik untuk menyetrika.

  • Katun Organik
  • Berbeda dengan katun konvensional yang penanamannya sangat intensif pestisida hingga membahayakan petani, biji kapas pada katun organik diproses tanpa menggunakan fungisida dan insektisida.

    Juga, pengolahan katun organik membutuhkan lebih sedikit energi dan air dibandingkan katun konvensional. Dengan demikian, proses produksi katun organik menciptakan kondisi yang lebih sehat bagi pekerjanya dan lingkungan.

    Sayangnya, katun organik masih terbilang langka karena penanamannya membutuhkan lahan yang cenderung luas. Padahal, pemakaian katun organik minim alergi dan lebih lembut dibanding katun konvensional.

  • Rami
  • Dibandingkan linen, bahan serat rami memiliki tekstur yang lebih kasar. Keunggulan kain ini tentulah terletak pada daya seratnya yang kuat, karena proses produksinya diolah tanpa menggunakan bahan kimia.

    Tanaman rami dapat tumbuh di berbagai kondisi tanah serta tanpa pestisida dan pupuk kimiawi, sehingga perkembangan tanaman ini tidak merusak nutrisi dalam tanah. Seperti halnya linen, sisa produksi dan pakaiannya dapat dikomposkan.

    Dari 4 jenis bahan pakaian fesyen bertanggung jawab di atas, mana yang jadi favorit Sahabat Sejauh? Anda juga bisa pelajari lebih lanjut di sini.

    ← Older Post Newer Post →

    Leave a comment

    Cerita Sejauh

    RSS
    Couple Story Kisah Kasih Koleksi Ombak Laut Pre Wedding Photo Sahabat Sejauh Sejauh Mata Memandang Sejoli Sejauh

    Sejoli Sejauh: Lutfi Arif Munandar & Fadhliyah Fajrin Torada

    By Store Sejauh

    Berawal dari teman kuliah, akhirnya Lutfi Arif Munandar dan Fadhliyah Fajrin Torada sekarang menjadi pasangan yang berbahagia. Hubungan romantis yang dijalin oleh Sejoli Sejauh kali...

    Read more
    Family Story Keluarga Sejauh Koleksi Ombak Laut Koleksi Tambal Sahabat Keluarga Sahabat Sejauh Sejauh Mata Memandang

    Keluarga Sejauh: Ariyanti Tjiang

    By Store Sejauh

    Keluarga adalah tempat kita bernaung dan menghabiskan waktu bersama, berbagi keluh kesah, dan kebahagiaan. Saat kita berkumpul bersama keluarga, ada rasa ketenangan tersendiri, yang tentu...

    Read more